Senin, 30 Maret 2015

Cara Instal Software atau Paket Secara Offline di Ubuntu

Ubuntu adalah salah satu distro linux yang populer dan banyak digunakan saat ini. Selain penggunaannya yang user friendly, kini Ubuntu mencoba bertransformasi untuk menyentuh semua lini device, dimulai server, komputer, laptop, netbook hingga yang terbaru device handphone. Pengembanganunity desktop yang telah yang semakin bagus, baik dari segi tampilan, effect serta kemudahan dalam pengoperasiaannya benar-benar memanjakan para pengguna dari tingkat pemula hingga develop. Bahkan beberapa turunan Ubuntu (misal Linux Mint, Blankon, dll) juga meraih populer bersaing merebut hati para pengguna yang semakin luas (walaupun masih jauh tertinggal dari jumlah pengguna Windows).
Namun begitu, Ubuntu juga tidak pernah lepas dari permasalahan klasik seperti distro-distro linux lainnya. Dimulai dari yang paling akut yakni “pelitnya” dukungan vendor perangkat keras (tidak ada driver untuk linux) dan perangkat lunak populer (tidak membuat aplikasi yang bisa dijalankan di linux, seperti game atau aplikasi populer lainnya), hingga “susahnya”nya instalasi software bagi yang tidak memiliki akses internet (online Installer)

Sebenarnya instalasi software di linux, khususnya di Ubuntu sangat mudah dan gampang bagi pengguna yang memiliki akses internet. Dan sangat menyusahkan bagi pengguna yang memiliki akses internet tapi terbatas, apalagi bagi yang tidak memiliki akses internet sama sekali. Nah, tulisan ini, khusus dibuat untuk memecah “susahnya” instalasi software bagi yang tidak memiliki akses internet di Ubuntu.
Berdasarkan penelusuran selama bertahun-tahun, penulis menemukan banyak cara yang bisa dilakukan untuk instalasi software secara offline, ini menunjukkan betapa baiknya para pengguna linux yang selalu memasang badan di depan monitor untuk menjawab keluh kesah pengguna lain yang sedang mengalami kesulitan. berikut rangkumannya :
1. Apt-web dan Apt-chooser
Salah satu solusi menginstal software ubuntu secara offline adalah dengan mengunjungi laman web yang bisa menampilkan daftar link unduhan paket yang kita mau. Ada dua orang yang berhasil menciptakan teknologi ini :
Apt-web adalah alat berbasis web untuk menunjukkan paket beserta depedensinya dalam distribusi Linux berbasis Debian, ini diciptakan oleh Fajran Imam Rusadi (indonesia).·  
Apt-chooser, sama seperti apt-web, apt-chooser juga berjalan di platfon web, teknologi ini diciptakan oleh Lorenzo J. Lucchini (Italia)
Sayangnya, dua teknologi ini sepertinya sudah tidak dirawat lagi oleh penciptanya, begitu pula halaman web yang memfasilitasi kedua teknologi ini juga tidak terurus bahkan sudah tidak bisa diakses lagi ( apt-web.dahsy.at, repo.ugm.ac.id, apt-web atau apt-web.tk )
Namun begitu, bagi Anda yang berminat untuk menggunakan kedua teknologi ini atau mengembangkannya silahkan kunjungi Github-Apt-web atau Github-Apt-chooser
2. Alldeb
Bagi semua pengguna windows pasti tau cara menginstal software di dalamnya. Pilih software yang hendak diinstal, klik dua kali lalu next, next ... Finish. Maka kehadiran alldeb disini adalah untuk mengimpor suasana atau care tersebut ke dalam Ubuntu.
Dengan alldeb, memungkinkan kita untuk menginstal aplikasi secara offline 100% di Ubuntu. Paket alldeb sudah membawa dependensinya secara lengkap dan tepat sehingga tidak diperlukan lagi koneksi internet langsung. Untuk jelasnya silahkan kunjungi dan download aplikasi di Bengkel Ubuntu
3. Synaptic Package Manager
Metode ini hanya bisa dilakukan jika dikomputer / laptop anda telah terinstal Synaptic Package Manager. Secara default, ubuntu telah tidak mengikutkan secara default aplikasi ini didalamnya sejak rilis Ubuntu 11.10 (kalau tidak salah).
Synaptic adalah suatu software yang berfungsi untuk mengatur paket-paket untuk. bahasa sederhananya Synaptic merupakan versi GUI dari baris command-line dari apt-get. beberapa fitur yang terdapat di Synaptic ini ialah :
- Menginstal, menghapus, upgrade dan downgrade paket tunggal dan ganda.
- Meng-upgrade seluruh sistem Anda.
- Mengelola paket repositori (sources.list). dll
Tidak hanya bekerja secara online, Synaptic juga menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk bisa menginstal dengan mudah via offline
Jalankan Synaptic -> ketik nama software yang ingin diinstal -> tandai paket yang ingin diinstal ->pilih File di menu lalu pilih Generate package download script -> simpan script di USB lalu gunakan script tersebut dari USB di komputer online. Itu akan mendownload paket yang diminta dari komputer offline ke USB -> setelah selesai masukkan kembali USB ke komputer offline ->jalankan Synaptic dan klik di menu File ->add downloaded packages ->Pilih direktori yang berisi hasil download file *.deb di USB dan tekan open. Paket akan otomatis diinstal
Sumber : help.ubuntu.com dan  Sypnatic Website
4. Keryx
Keryx merupakan manajer paket untuk APT berbasis berbasis Debian, khususnya Ubuntu. Aplikasi ini open source dan gratis. Keryx diperuntukkan bagi pengguna linux yang memiliki akses internet terbatas atau tidak ada akses internet sama sekali. Diciptakan oleh Chris Oliver untuk menangani pemilihan paket untuk diinstal, memeriksa update, dan men-download paket.
Dalam beberapa kasus, aplikasi ini tidak berjalan di beberapa ubuntu terbaru seperti yang dialami penulis, untuk alternatif silahkan download aplikasi ini di:
Untuk Ubuntu : Download (191.38 KB)
Untuk Windows : Download (23.47 MB)
Lagi-lagi, software ini juga telantar
Untuk lebih jelasnya kunjugi Keryx sini: launchpad.net/keryx
5. Camicri Cube
Secara fungsi, Aplikasi ini sama persis dengan Keryx yang digunakan untuk memudahkan pengguna dalam menjembatani komputer  yang tidak memiliki akses internet (atau terbatas) dengan komputer yang memiliki akses internet, sehingga pengguna bisa dengan mudah menginstal atau mengupdate aplikasi yang dikehendaki.
Camicri Cube yang masih fresh karena baru meluncur pertama kali pada tahun 2014, lebih powerfull dan sangat mudah penggunaannya, dan memiliki beberapa fungsi yang tidak dimiliki Keryx (seperti penggunaan download akselerator pihak ketiga yang memiliki fitur multi-segmen/multi-koneksi sehingga mampu mempercepat download repository atau paket secara signifikan. bisa dikatakan Camicri Cube ini sebagai penyempurnaan dari Keryx, walaupun tentu saja beda keduanya memiliki pengembang yang berbeda.
Camicri Cube yang diciptakan dan dibuat oleh jake Capangpangan (Filipina) merupakan Paket Manajer seperti halnya Sypnatic dan Ubuntu Software Center, bisa dijalankan secara portable, open source, gratis serta cross-platform (Window, linux berbasis APT)  memungkinkan pengguna untuk mendownload aplikasi linux di komputer manapun dan menginstal/mengupdate kembali dikomputer yang dikehendaki secara offline.
Salah satu keunggulan lain Camicri Cube bisa juga dijalankan via terminal
Untuk detailnya silahkan kunjungi https://launchpad.net/camicricube/
6. Apt-id
Apt-id merupakan bash script sederhana (didasarkan pada metode apt-get –-print -uris) yang dibuat sebagai asisten apt-get install yang berfungsi untuk mengontrol penggunaan apt-get agar tidak langsung mendownload file-file yang hendak diinstal, tetapi mengekspor daftar link download paket dan depedensi tersebut dalam sebuah file. Sehinggan pengguna linux yang krisis akses internet mampu mnginstal software yang diinginkannya secara offline.
Selain kemampuannya membuat daftar download paket, apt-id ini juga mampu menginstal file yang telah didownload ke dalam komputer tujuan, dan mampu melakukan update APT secara offline.
Karena berbasis bash script, apt-id ini tentu saja sangat ringan, cepat (baik proses maupun ketika mendownload) dan tidak ribet. apt-id ini juga telah dilengkapi fitur GUI walaupun hanya dibeberapa bagian saja. selain itu juga bisa dikonfigurasi sesuai keinginan pengguna, bahkan dilengkapi juga dengan konfigurasi advance.
Apt-id bebas digunakan dan disebarluaskan, namun tanpa garansi apapun.
Download
7. Apt-offline
apt-offline merupakan APT Package Manager offline. yang  bisa digunakan untuk update dan upgrade linux berbasis APT tanpa koneksi internet.
apt-offline ini bisa dijalankan via command line maupun GUI, namun untuk bisa menggunakan keduanya harus menginstal terlebih dahulu.
8. --print-uris
sintak ini digunakan untuk mencetak daftar link download paket yang ingin kita instal dalam satu file, bedanya dengan yang lain, sintak ini bisa langsung digunakan oleh pengguna ubuntu
Contoh :
sudo apt-get --print-uris --yes update | grep ^\' | cut -d\' -f2 > ~/Desktop/update-utopic.cmd

sintak diatas untuk mencetak daftar yang link download yang akan digunakan untuk mengupdaet source list Ubuntu, untuk yang tercetak tebal bisa diganti sesuai keinginan, berikut contohnya :
sudo apt-get --print-uris --yes install vlc | grep ^\' | cut -d\' -f2 > ~/Desktop/vlc.htm

1 komentar:

  1. mantap mas... artikelnya.. lumayan sudah dapet referensi.. karena memang internet saya terbatas heheh suwun..

    BalasHapus